Tuesday, October 8, 2013

Google Merilis Chromebook 11

Technology


chromebook-1000


Google memperluas pilihan notebooknya dengan merilis produk terbaru yang disebut Chromebook 11. Seperti versi sebelumnya, Google membuat Chromebook dengan menggandeng produsen notebook yang telah ada, dan untuk Chromebook 11 ini adalah HP.


Dengan ukuran layar 11,6 inci, Chromebook 11 terlihat memiliki desain yang ramping. Tebalnya hanya 1,76 cm dengan bobot hanya 1kg. Notebook ini juga tidak menggunakan kipas untuk mendinginkan prosesor (fanless), yang menjadi faktor penting untuk mewujudkan desain yang ramping tersebut. Yang juga menarik, Chromebook ini bisa di-charge menggunakan charger mini-USB layaknya smartphone masa kini.


Kok bisa? Itu karena Chromebook 11 menggunakan prosesor dari keluarga ARM, Exynos 5250, yang hemat daya. Kinerja prosesor ini dibantu memori sebesar 2 GB DDR3 dan 16GB harddisk dalam format SSD. Ukuran harddisk-nya memang kecil, namun Google juga menyediakan cloud storage gratis 100GB selama dua tahun. Fasilitas lain yang tersedia di Chromebook 11 ini adalah USB (2 buah), webcam, dan SlimPort untuk video-out. Menggunakan baterai berkapasitas 30Wh, Chromebook 11 diklaim dapat bertahan 6 jam dalam mode baterai.


Chromebook dibandrol dengan harga US$ 279 dan tersedia dalam warna hitam dan putih. Khusus untuk warna putih, terdapat aksen warna khas Google yaitu biru, hijau, kuning, dan merah.


Kehadiran Chromebook 11 semakin melengkapi pilihan Chromebook yang ada saat ini. Sebelumnya, Google memiliki Samsung Series Series 3 (12 inci), Acer C7 (11,6 inci), dan Chromebook Pixel. Di pasar AS sendiri, penerimaan Chromebook mulai terasa. Menurut data NPD Group, penjualan Chromebook sekitar 20-25% dari seluruh pasar notebook di bawah US$ 300.













Android Games>

No comments:

Post a Comment