Tuesday, September 17, 2013

Selamat Jalan, Dolby

Technology


Ray-Dolby

(Ray Dolby)



Jakarta, PCplus – Kata Dolby tak jarang ditemukan di speaker, home theater, bioskop, laptop atau apapun yang berhubungan dengan kehebatan audio. Ray Dolby mendirikan Dolby sejak tahun 1964 dan menghasilkan semua kehebatan audio itu di Dolby Labs, meninggal dunia di usianya yang ke 80 tahun setelah menderita Alzheimer selama beberapa tahun dan didiagnosis menderita leukemia musim panas ini di San Fransisco.


Ray Dolby lahir di Portland, Oregon di tahun 1933. Di sana pula Dolby mendapatkan gelar sarjana dari Sandford pada tahun 1957. Pada tahun 1957 sebelum dia berhasil mendapat gelarnya, Dolby sudah mulai melakukan eksperimen dengan audio.


Hasil kreasi Dolby salah satunya adalah dengan berhasil meredam suara bising yang muncul di rekaman tape. Penemuan Dolby ini menjadikan bioskop-bioskop saat itu bisa menyajikan suara bening dan menggelegar. Tak lama setelah itu, Dolby menciptakan konsep surround sound, Dolby Surround yang banyak ditemukan di bioskop.


Pembuat film dan novelis Tom Dolby, yang juga adalah anak dari Ray Dolby mengatakan, “Meskipun dalam hati ia adalah seorang insinyur, prestasi ayahku dalam teknologi tumbuh dari rasa cinta terhadap musik dan seni. Dia membawa apresiasinya terhadap proses berkesenian di dalam semua karyanya di film dan rekaman audio.”


Selamat jalan, Dolby.













Android Games>

No comments:

Post a Comment